Sabar


Sempat terpikir, ingin punya guru spiritual. Yang bisa didatangi atau dihubungi kapan saja untuk dimintai pendapat. Seorang ustadz/ustadzah mungkin. Pikiran itu berkelebat karena hampir aku tidak bisa berbuat apa-apa saat Bapakku dizhalimi. Bukan dengan kezhaliman yang besar, tapi anak mana yang tak teriris hatinya jika hal itu terjadi.

Baru beberapa menit berlalu pikiran itu, subhanallah…pikiranku yang lain seperti sedang berbicara balik padaku. “Ikhlaskan…serahkan semuanya sama Allah swt. InsyaAllah, Bapakmu akan dibangunkan rumah di surga nanti.” Entahlah, pikiran yang sangat baik ini seperti datang langsung dari Allah. Betapa selama ini aku belum mampu belajar sedikit pun rahasia kesabaran Bapak, yang meski sudah dizhalimi masih bisa bersikap baik pada si pezhalim.

Hatiku bergemuruh hebat, tiap kali mengingat peristiwa itu. Bukan peristiwa besar memang, hanya masalah tanah sejengkal. Tapi yang tak pernah terpikir, bagaimana mungkin hanya karena sejengkal tanah itu, si pezhalim seperti sedikit pun tidak memandang hubungan baik kami selama ini. Bertetangga sekian lama tak membuat kami benar-benar mengenalnya. Apa yang tampak oleh kami, ternyata PALSU. Yah, Bapak mungkin tak sepenuhnya terima dengan apa yang diterimanya, tapi sikapnya seolah ingin belajar ikhlas SECEPATNYA.

Ketidakterimaanku mungkin akan muncul lagi kelak, dan tulisan ini akan mengingatkanku, betapa aku dan keluargaku harus sabar juga ikhlas, semata karena janji Allah. Innallaha ma’ashshobirin. Allah selalu bersama orang-orang yang sabar.

Selfnote: Allah dulu, Allah lagi, Allah terus. Libatkan Allah dalam setiap inci kehidupan, dan kamu nggak akan butuh siapa-siapa. Pertolongan Allah pasti akan datang.
Ketenangan yang tiba-tiba merasuk ke dalam hati ini, semata-mata karena Allah, dari Allah.

Advertisements
This entry was published on January 21, 2013 at 10:53 AM and is filed under Telling Story. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s